Sekilas Info :

Sabtu, 02 Juni 2012

Ikadin Paser Warnai Diskusi Komunitas Di Paser

Paser (Suara LSM)- Fakta ketulusan pada penerapan keahlian profesi yang di-iringi sikap sosiabel menjadikan DCP Ikadin Kabupaten Paser cukup diancungi jempol oleh berbagai kalangan. Tidak saja oleh kalangan masyarakat hukum, tapi juga komunistas social lain yang ada di wilayah Paser.
Bahkan, beberapa NGO (Non Government Organization) lingkungan, jurnalis, LBH dan lembaga Pergerakan daerah lain seperti Penajam, Balikpapan dan Samarinda kini mulai banyak yang mengenal para pengurus IKADIN Paser saat ini. Khususnya ketua DPC.IKADIN Paser Muhamad Ali,SH.
Dalam Kepengurusan yang ada, Ikadin Paser di representasikan dengan pola moderat dan egalitarian hingga bisa melebur pada beberapa elemen lain, terutama lembaga-lembaga yang eksis menggelar kegiatan jaringan pemantauan di Kaltim.
Meski pengurus Ikadin yang ada di Paser boleh dikata kalah dalam kuantitas, namun berbekal pengalaman dan semangat kuat, lembaga IKADIN Paser dipandang tetap memiliki keunggulan tersendiri dalam integritas dan kualitas berorganisasi.
Ungkapan tersebut dilontarkan Iwan, anggota KPU Paser yang juga aktivis jaringan Walhi Kaltim saat dijumpai pasca membuka lanjutan Pelatihan Para Legal di Desa Kanyungo Kecamatan Long Ikis.
“Dari beberapa komunitas hukum yang ada, DPC Ikadin Paser lebih berkonstribusi atas pengembangan wawasan masyarakat. Karena loyalitas pencerahan wawasan hukum dan partisipasinya memberi bantuan Advokasi pada masyarakat tidak mampu, terasa sangat berarti bagi pembangunan di Paser,” kata Iwan.
Di tempat berbeda, ditemui di gedung PKK Paser, pasca mengisi Pelatihan Dasar Jurnalitik & Pelatihan Fotografi acara IJPP (Ikatan Jurnalis dan Penulis Kabupaten Paser), Siswanto Ketua Komunitas Taman Ide Paser periode 2012-2015, juga mengungkapkan kesalutannya akan pengurus Ikadin Paser saat ini.
“Meski tak dibayar dan meski yang mengundang bukan pejabat/birokrat, teman-teman di Paser, khususnya pegiat pergerakan, salut akan keberadaan dan kepedulian Advokat Muda Ikadin Paser yang selalu siap hadir dan mau merekomendasikan orang-orangnya untuk berperan serta membangun penyadaran dan metranformasikan pengetahuan hukum di komunitas Taman Ide yang ada di Paser,” ujar Santo panggilan akrab Siswanto.
Isnan, salah satu wartawan Kaltim Post yang juga penggagas sekaligus Ketua IJPP mengungkapkan hal senada. Diturukannya, dari kesahajaan dan kepedulian, DPC.Ikadin Paser berperan aktif dalam menyoroti isu-isu social yang ada di masyarakat. “Khususnya atas kepekaan atas jawaban problematika sosial yang ada. DPC Ikadin Paser baik melalui diskusi lepas, maupun berbagi pengalaman dengan teman-teman melalui pelatihan dan seminar bisa menjadi penengah dan pemberi pandangan secara analisa hukumnya,” tegas Isnan mengakhiri. (Dy/M.A)






0 komentar:

Posting Komentar