Sekilas Info :

Selasa, 19 Juni 2012

P.A Tanah Grogot, Adakan Isra Mi’raj

*Bangun Mentalitas Sdm Dengan Kegiatan Rohani

Tanah Grogot, (SUARA LSM) - Sebagai salah satu upaya meningkatkan citra pelayanan. Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot, Drs.Bustanuddin Jamal, M.Hum selain melakukan pembenahan interen, yang berhubungan dengan sarana prasarana pasilatas penunjang. Juga berupaya membenahi kekurangan dan kendala dari sisi lainnya. seperti pembenahan pada sisi kesiapan mentalitas SDM / aparatur pelaksana dengan mengiatkan beberapa kegiatan yang  bersifat pemecerahanan sisi spritual.
Bertepatan bulan Rajab, kegiatan Isra Mi’raj yang biasa di adakan dirumah-rumah dan ditempat ibadah, juga di buat dan diselenggarakan di aula P.A tanah Grogot. Dimana kegiatan dihadiri oleh seluruh karyawan dan stap Pengadilan PA, Tanah Grogot dan beberapa Hakim PN Tanah Grogot beserta para undangan lain termaksud Tokoh Ulama yang ada di Kabupaten Paser.
 Pada sepanduk kegiatan, terpampang dengan jelas tajuk acara yang mengarah untuk terwujudnya peningkatan pelayanan. Yakni, “Dengan Isara Mi’raj Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Etos Kerja, Demi Upaya Melakukan Pembenahan dan Perbaikan Yang Lebih Baik, Terhadap Mekanisme Pelayanan di Pengadilan”.
Di jumpai paca kegiatan.  Bustanuddin, yang baru 6 bulan dilantik menjadi Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot menuturkan. Pada acara isra’mirat ini, ia sengaja mengadakan di P.A Tanah Grogot.
“Selain sebagai bentuk syiar dalam beragama. Kami berharap semoga acara-acara kerohaniahan semacam ini, dapat menjadi ajang intropeksi, sekaligus sebagai momentum yang bisa menjadi pemacu lahirnya semangat profesionalisme yang berkredebilitas dan mendorong etos kerja. karena selain itu, ini juga sesuai dengan program MA yang berupaya untuk mereformasi birokrasi”, tegas Bustanuddin
Lebih lanjut ia mengatakan. Meski sekilas kegiatan-kegiatan sepritual seperti ini terkesan umum dan sederhana. Namun dampak dari nilai yang terkandung di dalamnya tidak bisa disamakan dengan beberapa kegiatan-kegiatan mewah yang bersifat serimonial.
“Dari kegiatan-kegiatan sepritual. Banyak terkandung nilai-nilai pembelajaran yang bisa digali, mulai tatacara disiplin waktu, disiplin kerja, kejujuran bahkan keihlasan. bisa diambil dan digali dari di dalamnya”, kata Bustanuddin.
Ditemui di tempat terpisah. Jumri Thalip, salah satu aktifis pemerhati pelayanan public dan social di kab.Paser. Mengatakan sangat merasa salut atas upaya-upaya sederhana yang dilakukan Ketua P.A Bustanuddin. Meski kegiatan yang dilakukan dan direncanakannya semua terlihat sederhana. Namun dampaknya jauh lebih epektif, untuk bisa melakukan persiapan perubahan kearah yang lebih baik.
“sebagai bagian dari masyarakat umum. Saya berharap, semoga dengan seringnya diadakan kegiatan-kegiatan pencerahan sepritual semacam ini. Kedepan bisa lebih meningkatkan semangat dan moralitas para pegawai yang ada, untuk memberikan pelayanan prima pada masyarakat” kata Jumri.

Konsisten, Tegas dan Merakyat
Di tempat terpisah, Ketua DPC Ikadin Paser Muhamad Ali menagatakan. Ia dan beberapa rekannya saat ini merasa salut terhadap karekter kesahajaan yang dimiliki oleh Ketua P.A yang ada.
“Setelah sempat beberapa kali menemani kawan-kawan berurusan di PA dan sepintas mengamati sikap karakter Ketua PA yang tegas dalam menjalankan pengawasan dan namun suka melebur dengan masyarakat saat di luar jam kerja, menjadikan kecewa kawan-kawan yang sering ditegur dalam berurusan berangsur-angsur reda dan hilang. Karena memahami karekternya” papar Ali .
Senada, Seketaris DPC Ikadin Paser Bambang Wahyono SH mengatakan. Sikap konsitensi Ketua P.A yang saat jam kerja sangat tegas, dan moderat di luar jam kerja. Memuncul rasa kesalutan tersendiri pada dirinya, dan menurut Bambang sikap semacam itu cukup langka  dilakukan oleh hakim yang memiliki posisi strategis.
“Dibalik sikap Ketua PA Paser yang sekilas terkesan terlalu formal dan tegas menerapkan peraturan pelayanan. Ternyata semakin saya melihat, ada sikap merakyat dan bersahaja yang bisa contohkan oleh Ketua PA Paser”, kata Bambang.
Karakter sederhana yang kerap Bambang lihat, Ketua PA senang melebur beramah tamah dan tersenyum pada masyarakat. Selain juga sering mengajak beberapa karyawan dan rekannya bermain-main voli mengisi waktu senggang di halaman kantor PA.
Dari pengamatan Suara LSM, spontanitas kadang ada sikap kesederhanaan yang tanpa disadari dilakukan oleh Bustanuddin. Yakni, mau membantu berberes-beres menutup ruang pengadilan saat dimana dalam pengamatan yang ada, sebagaian karyawan dan rekan-rekannya telah banyak yang pulang terlebih dahulu. Khususnya di hari Jum’at ketika ia akan berangkat sholat. (Dy/Nas).

0 komentar:

Posting Komentar