Sekilas Info :

Sabtu, 02 Juni 2012

Untuk Mengembangkan Riset dan Penelitian di Dunia Pendidikan Perlu Perhatian Gubernur


Jakarta, (Suara LSM)- Saat ini, dunia pendidikan jaman sekarang semakin menuntut kemampuan guru yang lebih tinggi dan keseriusan peserta didik (murid) untuk belajar dengan baik dan santun. Sejak kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, terlihat bagaimana peserta didik (murid) diajarkan sopan santun. Ini terlihat, bagaimana fenomena “cium tangan” dari murid-murid SMA 35, Karet Tengsin Jakarta Pusat mencium tangan para guru yang ditemuinya. Fenomena ini tidak terlihat saat penulis adalah Ibu Gautami Putri Saleh MPd,guru SMP Negeri 45 Jakarta Barat menciptakan alat dalam bentuk puzzle bersama 9 orang muridnya, sambil belajar mereka akan mengerti unsur dan rumus kimia (Tabel Periodik) dengan cepat.
Manfaat alat yang dinamakan Fun and 3 D Periodic Table ini adalah, anak dapat menghapal dan mengerti dengan cepat. Misalnya golongan VIII A, dulu kita mengenal dengan yang namanya “jembatan keledai” yang notabene sukar dipahami. Sekarang semua menjadi gampang dihapal dan menyenangkan, seperti sebuah permainan. Anak didik dapat membuat kreasi dalam membaca unsur sebagai layaknya membaca cerita atau bahkan puisi. Itu tergantung pemahaman si anak. Bayangkan dalam 1 menit, seorang anak dapat menghapal separoh (sekitar 60 unsur kimia) yang kini berjumlah 115 unsur.
Semua itu dipamerkan dalam Sentra Primer Barat di perkarangan Kantor Walikota Barat, Sabtu(26/5) siang yang juga stand SMP Negeri 45 sempat dikunjungi oleh Kasudin Pendidikan Dasar Jakarta Barat, ibu Delly. Alat itu tentu saja tidak bisa dibawa saat ujian berlangsung. Namun, Gautami yakin , anak akan lebih pandai dalam memahami unsur kimia dan memudahkan mereka dalam merangkum sebagai sebuah senyawa sekalipun nantinya. Saat ini, Gautami sedang mengajukan untuk dipatenkan pada Senin (28/5) di Departemen Kehakiman dan HAM.Pada Sabtu (26/5) kami memamerkannya di Festival Sentra Jakarta Barat, Kantor Walikota Jakarta Barat, dimana sebelumnya, awal bulan ini pun kami mengikuti pameran Sains Expo di SMP 115, Jakarta Selatan dimana dibuka oleh Gubernur Fauzi Bowo.

Guru Fisika Gautami berharap Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, mau membantu mereka dalam memperluas penemuan-penemuan seperti ini di tingkat pendidikan dasar (SD dan SMP), karena ia melihat beliau sangat peduli dengan kemajuan dunia pendidikan. Saat ini 27,6% APBD diperuntukan dunia pendidikan. Bahkan, Senin (28/5) Walikota Jakarta Pusat Syaefullah menyampaikan rencana Pemprop menaikkan hingga 31 % saat ia memimpin upacara Hari Pendidikan di SMA 35 Jakarta Pusat. Ini langkah baik yang patut dicontoh oleh para pemimpin yang lain.

Menurutnya, ia yakin para guru mengharapkan pemimpin yang peduli kemajuan dunia pendidikanlah yang terus dapat memimpin di DKI Jakarta. Gautami berharap, nantinya bila murid-murid memasuki pendidikan di SMA akan menjadi anak-anak yang cerdas. Semua dapat dilakukan dengan rasa suka dan tawa. Sains menurutnya bukan momok dan tidak menakutkan. (hans suta widhya)

0 komentar:

Posting Komentar