Sekilas Info :

Kamis, 14 Juni 2012

Wali Kota Medan Bantu Korban Kebakaran

Medan, (Suara LSM) - Wali Kota Medan  Rahudman Harahap  menyerahkan bantuan berupa material bangunan kepada 25 KK yang menjadi korban kebakaran di Jalan AR Hakim Gg Aman Lingkungan I, Kelurahan Tegal Sari Mandala I, Kecamatan Medan Denai, Selasa.
Bantuan yang diberikan berupa  10 ton kayu, 1.000 keping seng, serta 500 sak semen beserta paku.  “Bantuan itu kita berikan hari ini, besok belum tahu lagi. Sebab, kita saat ini  masih mengiventarisasi kerugian. Yang pasti untuk sementara menanggulangi kebutuhan sehari-hari warga sudah kita tanggulangi,” katanya.
Dia menjelaskan, langkah  selanjutnya yang akan dilakukan Pemko Medan adalah memperbaiki kembali rumah  warga yang menjadi korban kebakaran. Ditegaskannya, Pemko Medan tidak akan membiarkan begitu saja musibah kebakaran ini dan  siap mengatasinya sehingga warga dapat mendiami kembali rumahnya masing-masing.
Menurut dia, musibah kebakaran di  kawasan Jalan AR Hakim sudah tiga kali terjadi. Pertama, kebakaran di Gang Bakung, menyusul Gang Seto dan yang terakhir di Gang Aman. Untuk korban kebakaran di Gang Bakung, warga yang memiliki lahan dibantu untuk membangun kembali rumahnya, sedangkan yang menyewa diberi bantuan.
Sementara itu bagi korban kebakaran di Gang Seto, Pemkot Medan telah memberikan bantuan untuk biaya sewa  rumah. “Itu kita lakukan karena korban kebakaran di Gang Seto umumnya menyewa. Karenanya, kita beri bantuan mereka biaya uang sewa rumah  untuk tiga bulan. Sedangkan untuk korban kebakaran di Gang Aman ini, kita akan bantu untuk perbaikan kembali  rumah mereka, sebab tanah itu milik mereka” ungkapnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, Pemkot Medan akan melakukan penataan kawasan Jalan AR Hakim yang cukup padat penduduk dengan rumah yang berdiri rapat sehingga terkesan kumuh. Salah satu upaya yang  dilakukan  adalah dengan membangun kembali rumah susun Sukaramai.
Dengan dibangunnya rumah susun itu, maka warga yang menempati kawasan padat penduduk itu bisa tinggal di rumah susun,” katanya.
Dia menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah kebakaran yang menimpa 22 KK warga Gang Aman. Diharapkannya, musibah ini harus membuat semua waspada dan hati-hati sehingga musibah seperti ini tidak terjadi kembali. Apalagi saat ini  cuaca ekstrim tengah  menerpa Kota Medan. Kondisi ini menyebabkan cuaca cukup panas, sebab tempratur udara  mencapai 36 derajat sehingga rawan akan kebakaran.
Acara penyerahan bantuan ini turut dihadiri Wakil Walikota Drs H Dzulmi Eldin, anggota DPR RI Chairuman Harahap, Ketua Dewan Kota Drs H Afifuddin Lubis, Staf Ahli. Dandim 0201/BS Letkol TNI Doni Hutabarat, Wakil Ketua DPRD Medan Sabar S Sitepu,  anggota DPRD  Lily MBA,  sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan, perwakilan dari Paguyuban Marga Tionghoa, pengurus INTI serta organisasi kepemudaan.
Selain menyerahkan material  bangunan, Walikota juga menyerahkan bantuan untuk kebutuhan sehari-hari warga. Penyerahan itu dilakukan secara simbolis kepada beberapa warga. Dengan penuh suka cita warga pun menerima bantuan tersebut, seraya berharap agar rumah mereka yang musnah terbakar segera dibangun kembali. (ant/S. Samosir)

0 komentar:

Posting Komentar