Sekilas Info :

Rabu, 11 Juli 2012

Antisipasi Arus Mudik, Pelni Siapkan 27 Armada

MAKASSAR, (SUARA LSM) - Mengantisipasi lonjakan penumpang di arus mudik yang mencapai hingga 15 persen tahun 2012 ini, pihak PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Makassar telah mempersiapkan 27 armada kapal laut. 

Armada tersebut terdiri 13 unit kapal penumpang tipe 2.000 dan 3.000, sembilan kapal tipe 1.000, tiga unit kapal tipe 500 serta dua unit kapal Ro-Ro dengan total kapasitas mencapai 51.048 seat. 
“Armada di persiapkan untuk mengantisipasi membludaknya pemudik. Kapal laut menjadi pilihan paling murah di tengah melonjaknya harga tiket pesawat. Apalagi Pelni melayani pelayaran hingga ke pelosok yang tidak terjangkau pesawat,” kata Asisten Manajer Pemasaran dan Penjualan Jasa PT Pelni Cabang Makassar Dinar Hamzah, Senin (2/7). 
Dinas Hamzah memprediksi, lonjakan penumpang melalui pelabuhan besar seperti Sukarno Hatta dimulai H -10 jelang lebaran dengan jumlah penumpang mencapai 614.443 orang. 
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Masykur A Sultan mengatakan, untuk penyeberangan antarpulau dengan kapal kecil Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Sulawesi Selatan telah menyiapkan delapan kapal cepat, yang berkapasitas 150 hingga 350 penumpang. 
Kapal tersebut dipusatkan di Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, yang melayani penyeberangan ke Tobalu dan Kolaka, Sulawesi Tenggara. 
Untuk di Pelabuhan Bajoe Bone, juga disiapkan sembilan kapal yang melayani penyeberangan ke Kendari dan daerah lain di Sulawesi Tenggara. Begitu pun di Pelabuhan Barru, disiapkan satu kapal yang bisa menampung 290 penumpang. 
“Khusus di Pelabuhan Bira Bulukumba yang melayani rute penyeberangan ke Selayar belum bisa dipastikan beroperasi, karena izin operasi KM Belida telah habis. Sementara izin KM Bontoharu, masih proses. Tapi diusahakan bisa terlaksana dengan baik,” ujar Masykur. (net)

0 komentar:

Posting Komentar