Sekilas Info :

Kamis, 12 Juli 2012

LSI: Pilkada DKI Akan Berlangsung Dua Putaran

FOKE - NARA sambut Pilkada dua Putaran 

Jakarta, (SUARA LSM) - Lembaga Survei Indonesia (LSI) memperkirakan Pilkada DKI Jakarta 2012 akan berlangsung dua putaran.

"Saya kira dengan hampir 80 persen suara sampel yang masuk, maka hasilnya sudah dapat diprediksi. Tidak akan ada pemenang mutlak untuk saat ini, yang artinya pemilu akan berlangsung dua putaran," kata Direktur Komunikasi LSI Burhanudin Muhtadi di Jakarta, Rabu. 

Burhanuddin juga memperkirakan pasangan Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) dan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan masuk dalam putaran kedua pilkada pada September 2012 mendatang. 

"Jokowi akan masuk dalam putaran kedua mendampingi incumbent karena sebelumnya dia sudah dikenal sebagai Walikota yang berhasil membangun kota Solo," katanya. 

Menurut dia, perolehan suara pasangan Jokowi-Ahok cukup mengejutkan karena sampai bisa mengungguli perolehan suara pasangan Foke-Nara. 

Hingga pukul 18.45 WIB, jumlah suara sampel yang masuk ke LSI mencapai 99,76 persen. Pasangan Jokowi-Ahok unggul dengan 42,74 persen suara, melebihi perolehan suara pasangan Foke-Nara yang hanya 33,57 persen.

Sementara perolehan suara pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini sebanyak 11,96 persen, Faisal Basri-Biem Benjamin 4,94 persen, Alex Noerdin-Nono Sampono 4,74 persen dan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria 2,05 persen. 

Burhanuddin mengatakan, LSI melakukan hitung cepat menggunakan metode Stratified-Clustered Random Sampling dengan batas kesalahan satu persen. 

LSI mengambil sampel di 410 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 15.059 TPS yang ada di Jakarta. (net) 

0 komentar:

Posting Komentar