Sekilas Info :

Selasa, 10 Juli 2012

Mahasiswa dan WNI di Australia Peduli KPK

JAKARTA, (SUARA LSM) - Jauh dari tanah air tidak menyurutkan perhatian mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Queensland dan Melbourne, Australia untuk tetap peduli dengan berbagai persoalan bangsa. Salah satunya, polemik gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Langkah koalisi masyarakat sipil di Jakarta dan sejumlah daerah di Indonesia yang sedang menggalang dana untuk pendirian gedung KPK mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia di Queensland. Mereka mendeklarasikan pendirian 'Posko Koin untuk KPK' di Queensland atau disingkat 'Posko KuK Queensland'. 

"Kita turut prihatin terhadap ketidakpedulian DPR yang tidak serius menganggarkan pembangunan gedung baru KPK," ujar Presiden Perhimpunan Indonesia Queensland (PIQ), Hendry Baiquni, dalam keterangan elektronik yang dirilis detikcom, beberapa waktu lalu. 

Hendry mengatakan problem terbesar yang dihadapi bangsa Indonesia adalah korupsi dan carut-marutnya tata kelola pemerintahan, sehingga sudah sepantasnya jika KPK dibekali dengan fasilitas yang maksimum.

Hal senada disampaikan President the University of Queensland Indonesian Students Association (UQISA), Darmawan Dwi Atmoko. Menurutnya, pendirian 'Posko KuK Queensland' merupakan wujud tanggung jawab moral mahasiswa Indonesia di Queensland terhadap persoalan kebangsaan. 

"Saya kira bukan berapa jumlah dana yang bisa dihimpun. Namun ini merupakan partisipasi warga yang rindu akan Indonesia yang bersih sekaligus kritikan terhadap DPR yang tidak kunjung aspiratif," tuturnya.

Antusiasme masyarakat Indonesia di Queensland terhadap 'Posko KuK Queensland' ini sangat luar biasa. Terbukti belum sampai sejam nomor rekening posko diumumkan, sudah terkumpul dana lebih dari AUD 100, atau sekitar Rp 1 juta. 

"Kami akan catat dengan baik setiap koin yang masuk dan melaporkannya secara terbuka," kata Pan Mohamad Faiz salah seorang penggagas posko.

Uang yang sudah terkumul selanjutnya akan dikirim ke rekening Indonesian Corruption Watch (ICW) di Jakarta. (net)

0 komentar:

Posting Komentar