Sekilas Info :

Selasa, 17 Juli 2012

Tes Calon Mahasiswa, PTS Bisa Dompleng SNMPTN

JAKARTA, (SUARA LSM) - Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tak perlu repot-repot menggelar sendiri ujian seleksi calon mahasiswa baru.  Mulai 2013, PTS bisa bergabung untuk ikut dalam sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) layaknya PTN. Menurutnya, hal tersebut sangat dimungkinkan karena sudah diatur di dalam UU PT.

“Di dalam UU PT sudah disebutkan bahwa ada proses seleksi calon mahasiswa bersama antara PTN dengan PTS. PTS bisa ikut gabung di dalam sistem SNMPTN,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh kepada JPNN di Jakarta, Senin (16/7).

Ide seleksi bersama ini, lanjut Nuh, juga dibarengi dengan gratisnya mengikuti ujian SNMPTN di tahun 2013. “Tahun depan, ujian  masuk melalui SNMPTN gratis. Kalau PTS mau bergabung di SNMPTN, maka calon mahasiswa yang ingin masuk PTS juga gratis ujian masuknya,” jelasnya.

Nuh menerangkan, pemerintah menetapkan ujian masuk gratis ini dengan pertimbangan kondisi sebagian besar keluarga calon mahasiswa, yang tergolong tidak mampu.

“Uang Rp 200 ribu itu kan bagi orang tertentu bukan nilai yang kecil. Apalagi sudah bayar Rp 200 ribu, belum tentu diterima juga di PTN. Maka itu, kita tetapkan di UU ini bahwa seleksi SNMPTN tidak bayar alias gratis. Sehingga semua bisa berkesempatan mengikuti ujian masuk SNMPTN,” paparnya.

Namun begitu, mantan Menkominfo ini menambahkan, salah satu amanah di dalam UU PT adalah mewajibkan pemerintah untuk menetapkan penghitungan standar biaya pendidikan. Yakni, dimulai dari standar biaya dari fungsi kewilayahan, program studi, hingga kualitas dari seluruh program studi.

“Misalnya, kalau nanti pemerintah sudah selesai menetapkan bahwa prodi arsitektur di Jakarta , tentu bisa berbeda dengan biaya prodi arsitektur di di Ambon, Makassar dan lainnya. Kita akan siapkan standar pembiayaan di masing-masing prodi, masing-masing PT dan masing-masing wilayah,” tuturnya. (jpnn)

0 komentar:

Posting Komentar