Sekilas Info :

Sabtu, 04 Agustus 2012

155 Perwira TNI Ikut Sosialisasi Pencegahan Korupsi

JAKARTA, (SUARA LSM) - TNI bekerjasama dengan KPK dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyelenggarakan Sosialisasi Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), di Gedung Olah Raga (GOR) A Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (1/8/2012).
Selain sosialisasi LHKPN, juga digelar Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan Pembangunan Zona Integritas dalam rangka mewujudkan wilayah bebas korupsi.
Dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, sosialisasi tersebut diikuti 155 Perwira TNI (AD, AL, AU) dan dibuka oleh Inspektur Jenderal dan Perbendaharaan (Irjen) TNI Letjen TNI Geerhan Lantara.
Dalam amanatnya, Geerhan Lantara menyatakan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mencegah dan memberantas agar tidak terjadi korupsi di lingkungan TNI.
Pemberantasan korupsi harus dilakukan melalui tindakan pencegahan dan penindakan.
"Penindakan akan menghasilkan detterance effect tetapi berdampak kecil dan bersifat jangka pendek, sedangkan pencegahan menghasilkan dampak lebih besar dan bersifat jangka panjang, tetapi kurang memberikan detterance effect," ujar Geerhan Lantara.
Sinergi kedua upaya tersebut akan menghasilkan detterance effect dan dampak lebih besar dalam jangka panjangnya.
Kegiatan pencegahan terutama berupa sosialisasi dan kampanye anti korupsi, penyampaian LHKPN, pembuatan unit pengendali gratifikasi, penyusunan kode etik, penyediaan sistem dan sarana pengaduan masyarakat (Whistle Blower System), kajian perbaikan sistem dan kegiatan yang merupakan inisiatif terkait dengan upaya pencegahan korupsi.
Saat ini di tubuh TNI, wajib LHKPN baru sebatas kepada perwira tinggi namun ke depan dapat menjadi kewajiban bagi seluruh pejabat/pegawai yang menduduki jabatan struktural maupun fungsional termasuk di dalamnya pejabat pengelolaan anggaran serta pejabat pengadaan barang dan jasa.
Hadir pada acara tersebut diantaranya Dansesko TNI, para Asisten Panglima TNI, para Asisten Kas Angkatan, Kabalakpus TNI, dan Wakapuspen TNI.(net)

0 komentar:

Posting Komentar