Sekilas Info :

Kamis, 16 Agustus 2012

Terminal di Aceh Dipadati Pemudik

ilustrasi

BANDA ACEH, (SUARA LSM) - Ratusan bus berbadan besar dan kecil di terminal Besar Batoh, Banda Aceh, sepanjang, Rabu (15/8) petang  hinga larut malam  setiap  keluar dari terminal berangkat keberbagai tujuan seperti Medan Sumatera Utara dan keberbagai daerah tingkat kabupaten, kota di Aceh baik untuk jalur tengah maupun ke tujuan barat selatan semua angkutan dipenuhi oleh penumpang yang hendak mudik ke kampung halamannya. 

Pantauan SP diterminal Besar Batoh, semua penumpang yang berangkat dengan tiket yang sudah dipesan jauh hari dengan gampang bisa mendapatkan tempat pada sejumlah angkutan yang mereka pesan sedangkan bagi pemudik yang belum mendapat tiket harus antri untuk mendapatkan tiket pulang dengan bus ektra yang dipersiapkan untuk mengangkut penumpang keberbagai jurusan. 

Sedangkan di komplek terminal petugas dari Dinas Perhubungan Aceh dan pihak kesehatan bersama tim operasi keutupat Polda Aceh melakukan tes uris setiap sopir yang akan memberangkatkan bus keberbagai jurusan, bagi sopil yang tidak melakukan tes uris tidak diperrkenalkan mengemudi bus dan angkutan lebaran  lainnya. 

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Yuwaldi Away mengatakan untuk menghadapi lebaran tahun ini sebanyak 3.689 mobil berbadan besar dan kecil telah disiapkan ditambah sebanyak 40 unit bus cadangan, jadi penumpang jangan khawatir tidak bisa pulang kerena persediaan angkuta dirasa sudah cukup. 
            
Ditempat terpisah, Direktur Lalu lintas (Dir Lantas) Polda Aceh, Kombes Pol Unggul Sedyantoro mengatakan berdasarkan perkiraan polisi  pada, Jumat (17/8) besok menjadi puncak arus mudik Idul Fitri 1433 Hijriah dan Sabtu (18/8) atau H-2 dan H-1 Lebaran.             

Perkiraan ini berdasarkan, jadwal libur Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Aceh, sebab kebanyakan  PNS mulai mudik pada Jumat sore karena pada paginya harus mengikuti upacara HUT Ke-67 RI, sedangkan pekerja  wiraswasta diperkirakan banyak mudik pada H-1. Sedangkan mahasiswa karena sudah mulai libur sebelum puasa, maka diperkirakan tak terlalu banyak lagi yang mudik tahun ini, kerena sudah pulang sebelumnya.             

Ia menghimbau kepada semua pemudik untuk berhati-hati Terutama yang menggunakan mobil pribadi, jika lelas atau mengantuk saat mengenderai sepeda motor atau  mobil, diminta untuk  istirahat pada Pos Pelayanan yang tersebar di 37 titik di lintas timur dan lintas barat selatan Aceh.(net

0 komentar:

Posting Komentar