Sekilas Info :

Kamis, 09 Agustus 2012

Wamenhub Pantau Persiapan Arus Mudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan

Wamenub Bambang Susantono

BALIKPAPAN, (SUARA LSM) - Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono didampingi Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso memantau persiapan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Selasa (7/8) kemarin.
Tiba di Pelabuhan, menuju posko mudik dan berbincang-bincang dengan petugas posko, sebelum menuju terminal pelabuhan dan memeriksa sejumlah fasilitas termasuk ruangan, tempat duduk dan toilet.

Wamen menegaskan 4 K, yakni, keselamatan, koordinasi, keteraturan, dan komunikasi publik. “Tolong agar semua yang menyangkut keselamatan dicek ulang, itu yang utama,” kata Bambang.
Lalu soal koordinasi, di mana seluruh stakeholder harus mengetatkan koordinasi agar tidak miss. Juga soal keteraturan dan komunikasi.  Bambang menegaskan agar jangan sampai ada antrean panjang. “Kita bisa mengatur kapasitasnya, sehingga keteraturan bisa dijaga. Dengan begitu, anak, ibu dan penumpang lanjut usia,  bisa dipermudah,” ucapnya.
Untuk diketahui, data Bidang Operasi Polda Kaltim pada  operasi ketupat 2011 lalu, pemudik keberangkatan yang menggunakan kapal melalui pelabuhan Semayang sebanyak 24.671. Jumlah itu meningkat dibanding 2010 lalu yang berjumlah 18.562. Begitu pula jumlah kedatangan. Tercatat pada 2011, ada  18.868 kedatangan. Jumlah itu naik dari 2010 sebanyak 10.782
SIAPKAN 960 KAPAL
Sementara, soal arus mudik di seluruh Indonesia, termasuk di Balikpapan, diprediksi secara nasional akan naik 5 persen dari tahun sebelumnya. Untuk itu Dishub telah menyiagakan kapal –kapal dan pelabuhan-pelabuhan.
“Jumlah kapal yang kami siapkan ada 960 unit berbagai tipe se-Indonesia di 52 pelabuhan. Beberapa kami tegaskan soal sistem, seperti tata cara boarding, agar tidak harus antre dan berdesak-desakan,” sebutnya.

“Intinya, manajemen arus dari boarding dan unboarding untuk kapal sehingga proses mereka yang naik kapal dan turun kapal akan berjalan dengan nyaman,” tandasnya. (net)

0 komentar:

Posting Komentar