Sekilas Info :

Senin, 17 September 2012

Didi Sutardi: Objek Wisata Cibulan Adalah Objek Wisata Populer di Kabupaten Kuningan


Kuningan, (SUARA LSM) - Menurut pengelola Objek Wisata Cibulan, Maniskidul, Kecamatan Jalaksana,Kabupaten Kuningan, Jawa Barat,  Didi Sutardi, di wilayah Cibulan dan sekitarnya, ada ribuan mata air yang tersebar dimana-mana. Sehingga ia tertarik menghadapi  3 tantangan, yaitu pertama bagaimana memajukan pengusaha kecil. Kedua, memajukan masyarakat usaha. Ketiga, Pemerintahan daerah tidak mendukung.
Didi tetap giat mempromosikan objek wisata yang dikelolanya meski  minim promosi yang di-publish oleh Pemkab. Kuningan. Ia  terus berharap, mudah-mudahan Objek Wisata Cibulan tetap eksis dengan cara merangkul para pengusaha-pengusaha mikro yang menjual anek sovenir dan aneka kuliner lain, baik di luar objek wisata maupun di dalam objek wisata.

Objek wisata Cibulan merupakan objek wisata hutan air dimana banyak pohon besar yang sudah berumur tua dan mempunyai sumber air yang sangat jernih terletak di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, sekitar 7 km dari Kota Kuningan. Ini merupakan objek wisata tertua di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati R.A.A Muhammad Ahmad. Kolam untuk berenang yang terdiri dari 3 kolam renang (khusus anak-anak;remaja;dan dewasa) ini berisi ikan langka sejenis Kancra Bodas (putih) yang disebut sebagai ikan dewa. Ikan ini super jinak berukuran hampir sebesar bayi manusia sehingga sering menjadi objek pemotretan bagi para wisatawan yang tiba ke sana.
Sekumpulan ikan dewa (Pancra Bodas) Konon, makanan kesukaan ikan dewa ini adalah apel merah. Setiap malam Jumat Kliwon Didi Sutardi memberikan kepada ikan-ikan tersebut.
Konon objek wisata ini merupaan situs perjalanan para wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, dan juga terdapat situs petilasan Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran dimana ada tujuh sumber air yang dikeramatkan.

Ketujuh mata air terdiri dari kolam-kolam yang ketujuh mata air terdiri dari kolam-kolam yang mempunyai nama tersendiri. Sumur pertama, disebut Kejayaan.Kedua, Kemuliaan. Ketiga, pengabulan. Keempat, Cirencana. Kelima, Cisadane. Keenam, Kemudahan. Ketujuh, Keselamatan.Pokoknya Cibulan merupakan objek wisata paling unik dan magis di Kuningan.***

1 komentar:

Semut Merah mengatakan...

Mantap

Posting Komentar