Sekilas Info :

Rabu, 19 September 2012

MPR: Jangan Seragamkan Pemilukada


JAKARTA, (SUARA LSM) -  Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Lukman Hakim Saifuddin mengatakan proses pemilihan kepala daerah sebaiknya diserahkan ke masing-masing daerah sesuai dengan kultur masyarakat setempat.
“Kecuali Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif, pemilihan kepala daerah, mulai dari gubernur, bupati dan walikota sebaiknya diserahkan ke daerah sesuai dengan kultur masyarakat lokal,” kata Lukman Hakim Saifuddin, dalam dialog Pilar Negara bertema ‘Menuju Pemilukada yang Bersih’, Senin (17/9).
Menurut politisi PPP, konstitusi dasar kita menegaskan bahwa Pemilukada tidak masuk dalam kategori Pilpres dan Pileg yang dilaksanakan secara nasional untuk menentukan siapa presiden dan anggota legislatif.
“Upaya penyeragaman pemilukada sebagaimana yang pernah dipaksakan pemerintah terhadap DIY, misalnya, jelas membawa masalah baru karena upaya itu mengarah kepada penghilangan budaya lokal. Pemerintah hendaknya mengambil hikmah dari peristiwa itu,” kata Lukman.
Menteri Dalam Negeri, menurut Lukman, tidak perlu mengatur-mengatur proses demokrasi di pemilukada. “Serahkan saja itu ke daerah dalam rangka mendidik dan mengajarkan masyarakat bertanggung jawab dalam berpolitik,” demikian Lukman. (net)

0 komentar:

Posting Komentar