Sekilas Info :

Kamis, 04 Oktober 2012

Polda Metro: Demo Buruh Berlangsung Tertib


JAKARTA, (SUARA LSM) - Pihak Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menginformasikan aksi unjukrasa buruh terkait penolakan jasa tenaga kerja (outsourching) dan upah rendah berjalan tertib, meskipun hingga saat ini masih berlangsung.

"Situasi pada beberapa titik sudah kondusif," kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Chairul Nur Alamsyah di Jakarta, Rabu.

Kombes Chairul mengatakan buruh sudah membubarkan diri pada beberapa lokasi, namun pengamanan dari kepolisian dan TNI masih tetap berlangsung.

Aparat kepolisian dan TNI masih menjaga obyek vital, penarikan pasukan pengamanan akan dilakukan hingga aksi demo buruh selesai pada pukul 18.00 WIB.

Massa pengunjuk rasa yang masih berlangsung di Cakung (Jakarta Timur), Bekasi (Jawa Barat) dan Tangerang (Banten).

Chairul mengungkapkan terjadi insiden pemecahan kaca mobil, karena buruh emosi saat pengemudi mobil tidak menghentikan kendaraan di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Itu sudah dilaksanakan negosiasi Kapolres Jakarta Utara dengan perwakilan buruh," ujar Chairul seraya menambahkan peristiwa tersebut sudah selesai dan tidak ada penangkapan terhadap buruh.

Lebih lanjut, Chairul mengimbau buruh tidak mengajak secara paksa terhadap buruh yang pabrik memilih tetap bekerja atau melakukan "sweeping".

Sebelumnya, sekitar 23.000 buruh se-Jabodetabek berunjuk rasa dan menggelar aksi mogok nasional menuntut pemerintah menghapuskan outsourcing, tolak upah murah dan pemberlakuan jaminan sosial 2014.

Polda Metro Jaya dibantu TNI mensiagakan 15.000 personil, guna mengamankan aksi unjukrasa buruh tersebut. (Ant)

0 komentar:

Posting Komentar