Sekilas Info :

Minggu, 11 November 2012

Semangat Pahlawan Sudah Mulai Luntur

Ilustrasi

Jakarta, (SUARA LSM) - Saat ini semangat para pahlawan di kalangan masyarakat dan pemuda sudah mulai luntur. Untuk itu perlu dilakukan koreksi dari apa-apa yang telah dilakukan sekarang dibandingkan dengan para pendahulu. 

Begitu dikatakan Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, terkait peringatan Hari Pahlawan, di Palangkaraya, Sabtu (10/11).

"Sekarang, banyak sekali bentrok antar warga, tawuran para pelajar, yang sama sekali tidak mencerminkan semangat para pahlawan," ucapnya.

Saat ini Indonesia masih terus berjuang, perjuangan yang dilakukan adalah dalam rangka melaksanakan pembangunan sehingga menciptakan masyarakat yang sejahtera, bermartabat, adil dan makmur sesuai dengan cita-cita para pejuang yang telah gugur dalam memerdekaan bangsa ini.

Menurutnya, saat ini semua orang bisa menjadi pahlawan masa kini, dengan memberikan pola pikir yang merakyat dan mampu menyatukan perbedaan. Sehingga, tidak ada lagi permasalahan yang diselesaikan melalui jalan kekerasan.

Selain itu, lanjutnya, berperilaku adil, bijaksana, pantas dan saling menghargai satu sama lain, tanpa melihat latar belakang atau pun etnis dan agama menjadi perilaku yang patut dikedepankan saat ini.

Oleh sebab itu, Riban juga mengingatkan kepada kalangan PNS jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya, untuk meneladani semangat para pahlawan dalam memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

"Walaupun pahlawan tidak memerlukan ucapan terima kasih, namun sebagai manusia yang hidup di negara merdeka sudah seharusnya rakyat Indonesia mengenang dan melanjutkan perjuangan para pahlawan di lingkungan masing-masing. Seperti PNS yang wajib bekerja sungguh-sungguh secara profesional sebagai abdi negara dan masyarakat," ujarnya.

Sehingga, semangat para pahlawan harus menjadi motivasi bagi seluruh PNS di Pemkot Palangka Raya dalam melaksanakan tugasnya. Untuk selalu memegang teguh nilai-nilai kemanusiaan dan berada pada baris terdepan untuk menegakkan kebenaran, mencegah kemungkaran dan kezaliman.

Riban juga mengharapkan, para generasi muda saat ini harus menanamkan dan mengamalkan nilai perjuangan ke dalam diri masing-masing. Hal itu sangat diperlukan untuk melanjutkan perjuangan pahlawan dalam membangun bangsa dan negara.

"Kami minta generasi muda saat ini harus selalu berupaya meningkatkan kapasitas diri secara maksimal melalui pendidikan, sehingga dengan demikian, pelajar dapat berkiprah untuk membangun bangsa dan negara," demikian Riban. [ant]

0 komentar:

Posting Komentar