Sekilas Info :

Minggu, 22 Juni 2014

KPK Didesak Ambil Alih Kasus Bus Transjakarta Karatan

Ilustrasi bus Transjakarta
JAKARTA, Suara LSM Online  - Selaku pelapor kasus dugaan korupsi pengadaan bus Transjakarta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ketua Forum Warga Jakarta, Azas Tigor Nainggolan, menginginkan agar Abraham Samad  cs segera mengambil alih kasus tersebut dari Kejaksaan Agung.

“KPK ambil alih, dan kasus di Kejaksaan juga sudah pernah diambil alih oleh KPK,” kata Azas saat dihubingi di Jakarta, Kamis 19 Juni 2014.

Pelaporan Azas ke KPK tertanggal 24 Februari 2014 dan mendapat tanggapan dari KPK pada 28 April yang menyatakan bahwa laporannya akan dijadikan bahan informasi dan koordinasi untuk menangani kasus.

“Kalau memang Kejagung mau serius, transpran, ya silakan saja. Tapi ini lamban, dan transparansi penegakan kasus itu tidak terlihat,” ungkapnya.

Karena tidak adanya transparansi itu, kata Azas, muncul politisasi pada kasus tersebut. Ia mencontohkan, munculnya transkip pembicaraan antara Megawati Soekarnoputri dan Jaksa Agung Basrief Arief.

"Kalau enggak mau dipolitisasi dan dibelok-belokin orang lain. Kejagung segera selesaikan dong! Karena enggak transparan ya jadi seperti ini. Kalau KPK kan jelas lebih tegas dalam menangani kasus,” tandasnya.

Sebelumnya, sewaktu masih menjabat sebagai Wakil Gubernur, Basuki T Purnama (Ahok), sempat mengkhawatirkan kasus bus Transjakarta akan bernasib seperti pengadaan mobil pemadam kebakaran di Pemprov Jawa Barat beberapa tahun lalu. Menurut Ahok, kasus tersebut terbungkus dengan rapi dan membuat KPK sulit mengungkapnya.

“Kasus damkar ingat enggak? Yang KPK pun enggak bisa tentukan salah. Akhirnya putusin dibedah itu mobil. Baru ketahuan mark up, ada kerugian negara,” kata Ahok di Balai Kota, Selasa 25 Februari 2014.

Sampai pada akhirnya mantan Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan meringkuk di tahanan dengan vonis empat tahun penjara karena merugikan negara hingga Rp72 miliar dalam kasus pengadaan mobil pemadam kebarakan pada 2004.(Tim)

0 komentar:

Posting Komentar