Sekilas Info :

Kamis, 14 Juni 2012

Pelatihan Assessor di Polda Kalimantan Selatan

Banjarmasin, (Suara LSM) - Biro Pembinaan Karier SDM Polri untuk kesekian kalinya melakukan kegiatan pelatihan calon Assessor di Polda dan kali ini di Polda Kalimantan Selatan. Kegiatan pelatihan di Polda Kalsel ini dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 1 s/d 4 Juni 2012 yang dipimpin oleh Kepala Bagian Uji Kompetensi Biro Binkar SDM Polri Kombes Pol. Drs. Untung Leksono, M.Psi bersama team pelatih Kombes Pol. Drs. Puji Prasetyanto Hadi, Kombes Pol. Drs. Zulkarnain, AKBP. Drs. Novian Pranata, M.Psi dan AKP. Dra. Aryuni Permitasari, M.Psi dan Kabag Psikologi Biro SDM Polda Kalsel AKBP. Dra. Isti Rahayu, M.Psi.
Pelatihan assessor di Polda Kalsel ini sebagai salah satu kegiatan dalam reformasi birokrasi di lingkungan Polri khususnya di Polda Kalsel dalam rangka menyiapkan calon assessor di lingkungan Polda Kalsel. Sebelum pelatihan assessor di Polda Kalsel ini telah dilakukan juga pelatihan assessor di Polda yang lain seperti Polda Lampung, Polda Jatim, Polda Jateng dan Polda Jabar. Para assessor di Polda-Polda ini dipersiapkan untuk melakukan uji kompetensi dalam mencari personil-personil Polri untuk menduduki jabatan-jabatan tertentu di lingkungan Polda yang memang merupakan kewenangan Polda seperti Wakapolres, Kapolsek dan Kepala Kesatuan yang ada di Polres-Polres.
Dalam sambutan awal Kabag Uji Kompetensi Biro Binkar SDM Polri Kombes Pol. Drs. Untung Leksono, M.Psi menyampaikan bahwa pelatihan-pelatihan assessor di Polda-Polda ini adalah sebagai realisasi terhadap tuntutan Reformasi Birokrasi di lingkungan Polri yang mempersyaratkan bahwa dalam pembinaan personil atau sumber daya manusia haruslah melalui sebuah uji kompetensi untuk menentukan jabatan di lingkungan Polri. Sesungguhnya kegiatan assessment center di lingkungan Polri ini sudah sejak tahun 2009, tetapi di Polda-Polda baru akan dilaksanakan setelah tersedianya assessor di lingkungan Polda.
Demikian juga Kepala Biro SDM Polda Kalsel Kombes Pol. Drs. Rahmad Mulyana yang mewakili Kapolda Kalsel menyampaikan dalam sambutan awalnya agar kegiatan latihan assessor di Polda Kalsel ini dapat menjawab tuntutan reformasi birokrasi khususnya di lingkungan Sumber Daya Manusia di Polda Kalsel khususnya dalam menentukan beberapa pejabat di lingkungan Polda Kalsel yang memang merupakan kewenangan Polda Kalsel. Dengan demikian diharapkan dalam penentuan jabatan-jabatan akan obyektif dan tingkat keberhasilan dalam pengembanan tugas akan semakin besar sesuai dengan kompetensi para assessor.
Kegiatan pelatihan assessor di Polda Kalsel ini diikuti oleh para calon asssessor kurang lebih 20 (dua puluh) orang saja yang sudah mengikuti proses test sebelumnya dan berpangkat mulai dari Ajun Komisari Polisi (AKP) sampai dengan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) serta bersumber dari berbagai satuan kerja di lingkungan Polda Kalsel.
Pelatihan ini diarahkan agar para assessor dapat melakukan praktek penilaian kepada para calon atau assesse atau kandidat yang akan ditempatkan dalam suatu jabatan tertentu di jajaran Polda Kalsel secara obyektif berdasarkan ketentuan dan nilai-nilai dalam proses assessment center. (HMS Mbsplri)

0 komentar:

Posting Komentar