Sekilas Info :

Rabu, 03 Oktober 2012

Hari Ini 3 Juta Buruh Diperkirakan Turun ke Jalan


JAKARTA, (SUARA LSM) - Sebanyak 3 juta pekerja rencananya akan turun ke jalan melakukan demonstrasi dan mogok massal di seluruh Indonesia Rabu (3/10). Aksi yang akan dilakukan di 21 kabupaten/kota dari pukul 09.00-18.00 WIB itu ditandai dengan tidak berproduksinya 80 kawasan atau sentra industri untuk memperjuangkan hak-hak pekerja.
Diluar 80 kawasan industri tersebut unjuk rasa dilakukan di DPRD di seluruh Indonesia (Kaltim, Kalbar, Papua, Sulut, Gorontalo dan lain-lain). Aksi terbesar dipusatkan di tujuh kawasan industri Bekasi (khususnya di Ejip, Jababeka, MM 2100) dengan massa 500 ribu orang,
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengungkapkan, ada beberapa tuntutan buruh yang akan disuarakan seperti hapuskan outsourcing, tolak upah murah, dan desakan menjalankan jaminan sosial kesehatan masyarakat pada 2014.
Said Iqbal, mengungkapkan massa yang turun besok bisa mencapai lebih dari tiga juta orang. Jabodetabek diperkirakan akan lumpun total saat terjadinya aksi. “Kami sudah melakukan konsolidasi total. Seperti SPSI oleh Andi Gani, saya KSPI sama SBSI dan federasi lain,” kata Said di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (2/10).
Said Iqbal mengatakan dalam draf peraturan UU Ketenagakerjaan yang baru nanti pihaknya akan mendesakkan penghapusan persoalan outsourcing. Sejauh ini draf dari Kemenakertrans masih kurang mengakomodasi buruh dan masih membingungkan. “Tidak to the point bahwa sistem outsourcing yang tidak sesuai UU dicabut,” tegasnya.
Sebetulnya, kata Said Iqbal pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, meminta waktu satu pekan kepada para pekerja untuk mengurungkan niatnya melakukan demonstrasi. Tetapi karena jawaban dari pemerintah belum pasti soal jaminan mencabut ketentuan outsourcing, pihaknya tak mungkin bisa menunda desakan buruh untuk turun ke jalan.
Menteri Perindustrian, MS Hidayat, menilai tidak ada yang salah dengan rencana buruh melakukan aksi mogok missal. “Ini negara demokrasi dan mereka berhak untuk berekspresi,” katanya.
Kendati demikian dia juga berpendapat, semua isu yang diangkat oleh buruh selama ini, seperti isu kenaikan upah, badan penyelenggara jaminan sosial, dan outsourcing adalah hal-hal yang bisa diselesaikan di meja perundingan.
Aksi di Jabodetabek
Di wilayah Polda Metro Jaya dan sekitarnya aksi demonstrasi diperkirakan terjadi 13 ada titik, sebagian besar di wilayah Tangerang, Bekasi, dan wilayah Jakarta Timur yang semuanya merupakan wilayah industry.
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengimbau kepada warga masyarakat untuk menghindari pintu tol Cikarang Barat dan Kawasan EJIP menyusul rencana aksi mogok massal buruh Rabu (3/10) besok. Informasi yang berkembang para buruh akan menduduki sejumlah kawasan industri di Bekasi.
Polisi, kata Rikwanto, akan berkomunikasi dengan koordinator lapangan untuk tidak mengarahkan massa ke dalam ruas jalan tol. Namun, bila massa tetap melakukan aksi di dalam tol dan melumpuhkan aktivitas tol, maka kepolisian akan mengeluarkan tindakan tegas.
“Kita sudah antisipasi, bila ada yang menyekat atau masuki jalan tol maka kita akan melakukan pengamanan di lokasi,” tegas Kombes Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/10).
Alternatif Jalan
Sejauh ini pihak kepolisian telah menyiapkan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di gerbang tol Cikarang Barat dan kawasan EJIP.
Alternatif 1, kendaraan yang akan mengarah ke Cibitung dialihkan melalui kawasan Jababeka I-Pertigaan Jababeka II-Bundaran Patung Kuda-Perempatan Pecenongan-Kawasan Jababeka II Blok FF-Jl Inspeksi Kalimalangi-Bundaran Pertamina Tegal Gede-arah Cibitung via Jalan Inspeksi Kalimalang (atau bisa langsung mengambil alternatif melalui jalur Pantura).
Alternati 2, kendaraan yang akan mengarah ke tol via Pintu Tol Cikarang Pusat, arus lalin dialihkan ke kawasan Jababeka I-Pertigaan Jababeka II-Bundaran Patung Kuda-Perempatan Pecenongan-Kawasan Jababeka II Blok FF-Jl Inspeksi Kalimalang-Tegal Danas-Delta Mas-Pintu Tol Cikarang Pusat.
Atau dari kawasan Jababeka I ke Pertigaan Pasir Gombong–Perempatan Jurong-Bundaran Jabebka Golf-Pertigaan Movieland-Jalan Cilemah Abang-Jl Inspeksi Kalimalang-Tegal Danas-Delta Mas-Pintu Tol Cikarang Barat.
Sementara kendaraan yang akan mengarah ke Lippo Cikarang dialihkan ke kawasan Jababeka I-Pertigaan Pasir Gombong-Perempatan Jurong-Bundaran Jababeka Golf-Pertigaan Movieland-Jalan Cilemah Abang-Jl Inspeksi Kalimalang-Jembatan Cibatu-Bundaran Jl Sriwijaya Lippo Cikarang. (ht)

0 komentar:

Posting Komentar