Rabu, 20 Desember 2023

Jelang Pemilu 2024: Ketum PWI Pusat Ingatkan Jurnalis dan Pers Harus Netral

Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun.

Jakarta, SuaraLSMOnline - Seiring dimulainya masa kampanye pemilihan umum (Pemilu) Serentak 2024, Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengimbau para insan jurnasil dan pers agar menjaga netralitas dan independensi selama pesta demokrasi berlangsung.

Masa kampanye telah dimulai sejak 28 November 2023 dan akan berakhir pada 10 Februari 2024 mendatang.

“Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 sangat istimewa karena waktunya berdekatan dengan acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2024 yang akan berlangsung di Jakarta dan diharapkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),” ucap Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun dalam keterangan pers belum lama ini.

Ketum PWI Pusat mengingatkan tema HPN 2024 adalah “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Dikatakan, gagasan besar itu sekaligus meneguhkan kembali komitmen PWI -yang sejak didirikan tahun 1946- bahwasanya peran wartawan dan pers tidak semata-mata urusan menulis berita, menghasilkan karya jurnalisme yang berkualitas, tapi juga menjaga kedaulatan negara, mengawal transisi kepemimpinan nasional serta menjaga keutuhan NKRI.

Menurut Hendry, selain harus menjalankan prinsip netralitas dan independensi dalam menjalankan tugas kewartawanannya, pers juga harus tetap kritis ikut mengawasi Pemilu Serentak 2024 agar pemilu berjalan lancar serta mencegah terjadinya kecurangan.

Oleh karena itu, PWI Pusat menanggapi positif imbauan Presiden Jokowi saat bertemu dengan pengurus PWI Pusat di Istana Merdeka, beberapa waktu lalu. “Pemilu damai adalah komitmen kita bersama,” pungkasnya. (wan)

0 $type={blogger}:

Posting Komentar