Sekilas Info :

Senin, 18 Juni 2012

1.200 Desa di Sumut Belum Nikmati Listrik

Medan, (SUARA LSM) - Sebanyak 1.200 desa pada sejumlah kabupaten di Sumatera Utara belum dapat menikmati listrik sehingga harus menjadi perhatian bagi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).
Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi D DPRD Sumut Biller Pasaribu dalam rapat dengar pendapat dengan jajaran PLN Wilayah Sumut di Medan, Kamis.
Menurut Biller, jumlah desa di Sumut yang belum menikmati listrik tersebut cukup banyak sehingga harus menjadi perhatian serius bagi PLN.
Untuk itu, pihaknya mengharapkan PLN Sumut dapat menggalakkan program Listrik Masuk Desa (LMD) agar masyarakat bisa merasakan keberadaan energi itu.
Dengan menggalakkan program tersebut, pihaknya berharap 720 desa atau 60 persen dari desa yang belum mendapatkan listrik itu pada akhir 2012 sudah berlistrik.
“Pada rahun 2014, ditargetkan 80 persen dari jumlah desa tersebut sudah dialiri listrik,” kata politikus Partai Golkar itu.
General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumut Krisna Simbaputra mengakui jika program LMD pada tahun 2012 tidak segencar pada tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan anggaran yang dialokasikan pada tahun ini turun menjadi Rp37 miliar, sedangkan pada tahun lalu anggarannya sebesar Rp98 miliar.
Meski demikian, pihaknya telah mendapatkan penambahan pelanggaran baru yang mencapai 100 ribu lebih.
“Pada tahun 2011, pelanggan PLN di Sumut tercatat 2.601.543 pelanggan, sedangkan periode Januari–Mei 2012 pelanggannya sudah mencapai 2.711.447 pelanggan,” katanya.(ant)

0 komentar:

Posting Komentar