Sekilas Info :

Selasa, 17 Juli 2012

KPK Siapkan 100-200 Baju Koruptor

JAKARTA, (SUARA LSM) - Setelah merilis adanya baju tahanan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyiapkan 100-200 baju tahanan untuk dikenakan para tersangka kasus korupsi yang merupakan tahanan lembaga antikorupsi tersebut. Demikian dikatakan Juru Bicara KPK, Johan Budi SP.

Walaupun, menurut Johan, perihal anggaran pengadaan baju tahanan tersebut masih dalam tahap pembahasan. Dan pastinya berasal dari anggaran KPK.

"Ini sedang dibahas pengadaannya. Tetapi, dananya tidak besar, sekitar Rp 50 ribu per baju. Dan kita persiapkan 100-200 baju tahanan," kata Johan Budi di kantor KPK, Jakarta, Senin (16/7).

Demikian juga, perihal rancangan bentuk baju tahanan masih dalam tahap pembahasan. Di mana, diperkirakan akan ada dua model baju tahanan tetap.

"Jadi sekarang kita sedang mendesign (merancang) baju tahanan. Nanti akan ada beberapa yang sedang dikerjakann misalnya warna bajunya merah kemudian ada garis-garis hitamnya. Tetapi, ini belum selesai.
Nanti dari sekitar enam, akan dipilih salah satu atau dua," ujar Johan.

Di mana, lanjut Johan, diantara dua baju tahanan yang membedakan adalah pengenaannya, yaitu satu dikenakan sewaktu berada di ruang tahanan dan yang satu lagi dikenakan saat akan dibawa ke pengadilan.

Walaupun, menurut Johan, selama menjalani persidangan baju tahanan akan dilepas untuk menghormati persidangan.

Johan menambahkan, perbedaan lainnya adalah baju tahanan untuk perempuan berlengan panjang. Sedangkan, untuk pria berlengan pendek.

Seperti diketahui, sampai saat ini, KPK memiliki empat model baju tahanan. Pertama, kemeja hitam lengan pendek dengan tulisan Tahanan KPK dan corruption eradication commision republic of Indonesia di bagian belakang. Kedua, kemeja orange lengan pendek dengan tulisan yang sama di bagian belakangnya. Ketiga, jaket tahanan putih lengan pajang dengan tulisan tahanan KPK di bagian belakang. Dan keempat, kaos hitam lengan pajang dengan tulisan tahanan KPK di bagian belakangnya.

Dari keempat model baju tahanan terebut, yang saat ini sering digunakan oleh tahanan KPK adalah jaket putih lengan panjang dengan tulisan Tahanan KPK di bagian belakanagnya. (SP)

0 komentar:

Posting Komentar