Sekilas Info :

Jumat, 08 Juni 2012

Kerusakan Jalur Rangkasbitung-Cikande, Provinsi Banten dan Kabupaten Agar Koordinasi

Lebak, (Suara LSM) - Kerusakan ruas jalan Rangkasbitung-Cikande yang sudah lama terjadi, mendapat sorotan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten Daerah Pemilihan Lebak. Mereka meminta kepada Pemerintah Provinsi Banten, Pemkab Lebak, dan Pemkab Serang bekerjasama menyelesaikan persoalan tersebut.
Salah seorang anggota DPRD Banten dari Fraksi Keadilan Sejahtera Sanuji Pentamarta asal Lebak mengatakan, semestinya ketiga pemerintahan tersebut bekerjasama membangun ruas jalan yang menghubungkan Lebak dengan Serang. Sehingga, kerusakan jalan pada jalur tersebut dapat dieliminasi.
Selama ini provinsi dan dua pemerintah kabupaten terkesan saling menyalahkan dalam menyikapi kerusakan jalan Rangkasbitung-Cikande itu. Kemarahan para sopir angkutan dan masyarakat yang sempat menutup total jalur beberapa waktu lalu dapat dipahami. Lantaran, jalan yang semestinya dapat mereka gunakan dengan nyaman kondisinya cukup memperihatinkan.
"Saya naik bus dari Rangkasbitung ke Cikande membutuhkan waktu 1,5 jam. Padahal jarak antara keduanya sekira 25 kilometer. Hal itu akibat kerusakan jalan yang cukup parah di jalan provinsi tersebut,\" kata Sanuji melalui pesan singkatnya, Rabu (21/7).
Sanuji mengungkapkan program betonisasi yang menghabiskan anggaran miliaran rupiah, nyaris tidak berbekas. Padahal, kekuatan jalan tersebut pada awalnya diprediksi kuat hingga lima tahun ke depan. Kenyataannya, dalam hitungan bulan kondisi jalan hancur dan menghambat arus transportasi dari Rangkasbitung ke Cikande dan sebaliknya.
"Saya dan masyarakat pada umumnya, tentu menyayangkan kondisi tersebut. Apalagi Pemprov Banten, Pemkab Lebak, dan Pemkab Serang terkesan saling menyalahkan dalam menyikapi kerusakan jalan Cikande-Rangkasbitung,\" timpalnya lagi.
Sementara menurut salah seorang warga Maja Heirs Heryana, yang biasa memanfaatkan jalur tersebut mengatakan, prihatin dengan kondisi jalan yang rusak berat. Dia meminta kepada Pemprov Banten segera memperbaiki jalan sepanjang 25 kilometer itu. Jangan sampai masyarakat kembali turun ke jalan karena tidak kunjung ada perbakan jalan. 
Selain itu pihak Pemprov, Pemkab Serang maupun Pemkab Lebak juga agar mampu membatasi pemberian izin terkait galian C di dua wilayah itu yang ditenggarai penyebab hancurnya jalur Cikande-Rangkasbitung sepanjang 15 Km. (Othman)

0 komentar:

Posting Komentar