Sekilas Info :

Senin, 15 Oktober 2012

Antrean Kendaraan Truk Terjadi Lagi di Merak


MERAK, (SUARA LSM) - Persoalan klasik yang terjadi di Pelabuhan Merak kini terjadi lagi pasca Lebaran 2012.  

Antrean kendaraan truk ekspedisi kembali terlihat di Pelabuhan Merak, Jumat (12/10), sebagaimana pernah terjadi selama beberapa bulan sebelum Lebaran 2012. 

Panjang antrean kendaraan truk mencapai Jalan Cikuasa Atas, atau sekitar 2 kilometer dari Pelabuhan Merak. Pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak berdalih, antrian kendaraan truk ini terjadi akibat adanya peningkatan volume kendaraan truk ekpedisi yang membawa pasokan barang kebutuhan pokok ke Pulau Sumatera, untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha yang jatuh pada tanggal  26 Oktober 2012 mendatang. 

Humas PT ASDP  Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi Oetomo, di Merak, Jumat (12/10)  mengtakan, volume kendaraan besar seperti truk yang hendak menyeberang mengalami kenaikan dari rata-rata 1.400 unit  menjadi 2.000 unit. 

“Meningkatnya volume kendaraan ini seiring dengan persiapan pasokan kebutuhan pokok untuk  perayaan  Idul Adha,” kata Mario. 

Menurut Mario, untuk mengatasi antrian panjang kendaraan yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni ini, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak telah mengoperasikan sebanyak 28 kapal. 

“Kami menargetkan kondisi antrian di Pelabuhan Merak bisa normal secepatnya dan angkutan berjalan lancar,” katanya. PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak akan terus berupaya untuk mengatasi antrean tersebut. Agar antrean truk ekspedisi tidak terus memanjang dan berlarut-larut. 

"Kapal yang beroprasi sudah maksimal, antrean yang terjadi ini murni karena adanya peningkatan volume kendaraan," jelasnya. 

Sementara itu, untuk mengurangi antrean truk itu, Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Merak Ajun Komisaris Polisi (AKP) I Gede Subrata mengatakan, telah memberlakukan jalur buka tutup di Jalan Cikuasa Atas. Sebab volume truk meningkat tidak seperti sehari sebelumnya. 

"Mudah-mudahan bisa segera lancar. Kami dari Polsek Merak menunggu permintaan pihak pelabuhan seberapa banyak truk yang diperbolehkan masuk sesuai kondisi di dalam pelabuhan," katanya. 

Lebih lanjut, I Gede menuturkan, untuk kendaraan kecil dari arah Jakarta yang hendak menuju Merak akan diarahkan keluar gerbang tol Merak dan melewati jalur Cikuasa Bawah. 

"Untuk meminimalisasi antrean, untuk kendaraan pribadi dan bus dialihkan agar antrean tidak semakin panjang," tuturnya. (net)

0 komentar:

Posting Komentar