Sekilas Info :

Kamis, 15 Mei 2014

Golkar Menang Telak Di Kutai Kartanegara Kaltim

Raih 137.141 Suara, Golkar Juga Menang di Paser

Ilustrasi
TENGGARONG, Suara LSM Online - Partai Golkar di Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya menang telak dengan perolehan suara terbanyak di Pileg 9 April lalu mencapai 137.141 suara. Perolehan itu diketahui usai rapat pleno KPU Kukar digelar sejak 20-21 April. Perolehan suara itu sangat jauh dibanding perolehan partai peserta Pemilu lain, seperti PDI Perjuangan Kukar berada di peringkat kedua dengan 37.058 suara. Gerindra berada di peringkat ketiga dengan 32.093 suara. (baca grafis)
“Jika dilihat, Golkar pada Pileg ini bisa mendapat 19 kursi,” kata Ketua KPU Kukar, Junaidi Samsuddin kepada Koran Kaltim, kemarin.
Perolehan suara itu menunjukkan beberapa perolehan suara partai morosot. Sebut saja Demokrat Kukar, pada Pileg 2009 lalu mampu merebut satu fraksi di DPRD Kukar dan menduduki posisi ketua komisi III. Hal yang sama juga dialami PKS, pada Pileg 2009 mendapat satu fraksi dan saat ini salah satu anggotanya menjabat ketua komisi IV. Namun, perolehan PKS Kukar hanya menduduki peringkat enam setelah Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra dan Hanura.
Sedangkan Gerindra yang melejit dengan perolehan suara dan bertengger di peringkat tiga terbanyak setelah Golkar dan PDI Perjuangan. Padahal, saat Pileg 2009 lalu Gerindra hanya berhasil mendudukkan satu wakilnya di DPRD Kukar, yakni Alm Arif Arizal.
Sekedar diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kukar pada Pileg 2014 mencapai 502.379 orang. Jumlah pemilih bertambah seiring penetapan Daftar Pemilih Khusus (DPK) mencapai 4.920 orang.
Setelah rapat pleno penghitungan suara Pileg di Gedung Perempuan Berjaya Tana Paser, Senin (21/4) dinihari, KPU Paser menetapkan perolehan suara Pileg untuk perebutkan 30 kursi di DPRD Paser tersebar di empat daerah pemilihan (Dapil) terdiri Dapil I (Long Ikis-Long Kali) 8 kursi, Dapil II (Kuaro-Batu Sopang-Muara Komam-Muara Samu) 8 kursi, Dapil III (Tanah Grogot) 8 kursi, dan Dapil IV (Pasir Belengkong-Batu Engau-Tanjung Harapan) 6 kursi.
Hasil pleno itu tak serta merta dirinci KPU Paser tidak secara langsung memberi gambaran Partai Politik (parpol) dan caleg pemilik 30 kursi di DPRD Paser. Tak hanya itu, namun banyak kejutan mewarnai Pileg di Paser, baik caleg lolos maupun Parpol pemenang.
Jauh hari sebelum Pileg berlangsung, banyak kalangan yang prediksi Golkar hanya mampu meloloskan satu wakil setiap Dapil Paser. Karena dengan figur caleg Parpol lain. “Hebat kalau satu parpol bisa rebut dua kursi di setiap Dapil,” kata seorang caleg kepada Koran Kaltim.
Sekarang, prediksi caleg tersebut terbantahkan dengan sendirinya. Pasalnya, Golkar berhasil mendulang 22.082 suara terdiri Dapil III 8.513 suara di Dapil III, 7.191 suara di Dapil IV, sedangkan Dapil I hanya satu kursi dengan 4.737 suara dan Dapil II sebanyak 1.632 suara.
Kemudian, perolehan kedua diraih Demokrat dengan 21.812 suara terdiri Dapil I sebanyak 8.863 suara, Dapil II meraih 4118 suara, Dapil III mendapat 4.386 suara dan Dapil IV sebanyak 4.440 suara. Dari perolehan empat Dapil itu, Demokrat berpeluang merebut dua kursi di Dapil I, sedangkan Dapil II, III dan IV hanya satu kader yang lolos.
Dari jumlah pemilih terdaftar 574 TPS sebanyak 178.359 bersumber dari DPT dan DPK, partisipasi pemilih yang datang ke TPS guna salurkan hak pilih sebanyak 125.588 orang atau 70,4 persen. Jika dibandingkan Pilgub Kaltim 2013 lalu dengan tingkat partisipasi 54 persen, tingkat partisipasi Pileg 2014 meningkat. (Akhmad/Mislan-Kaltim)

0 komentar:

Posting Komentar